Assalammu’alaikum

Cerita ini di sadur dari post Bapan Jusman Syafii Jamal, beliau mengutip dari post WA temannya. Semoga bermanfaat.

Tahun 1892 Toko Buah Yu mengangkut 50 keranjang nanas dr Laiyang ke Shanghai. Krn perjalanan yg jauh nanas2 itu jadi lembek & dibuanglah nanas2 itu.

Di seberang Toko Buah Yu ada toko kecil dihuni suami istri yg tidak memiliki sesuatu utk dimakan & sgr memungut nanas yg dibuang itu. Nanas dikupas, dipotong kecil2, dibuang bagian yg lembek & dijualnya potongan2 yg masih segar. Bisnis ini berjalan lancar.

Suami istri ini membeli nanas lembek dr Toko Yu. Krn sudah lembek, Toko Yu dg senang hati menjual murah. Nanas itu diproses mjd dodol nanas & terjual laris. Dlm waktu singkat dodol nanas ini menjadi makanan khas daerah Tiongkok Selatan & sampai ke kerajaan.

 

Akhirnya pemilik Toko Yu iri saat mrk tahu dodol nanas itu terbuat dr nanas yg mrk jual murah. Di malam harinya Yu menulis tiga aksara “Tian Zhi Dao” (Langit Tahu) lalu menempelnya di pintu toko dodol nanas. Esok harinya suami istri itu melihat tulisan ini & terperanjat krn tahu ada orang yg ingin merusak bisnis mrk. Lalu sang suami tertawa & berucap, “Kita kebetulan sdg mencari nama toko. Hari ini ada orang menuliskan nama toko & mengirimnya ke depan pintu. Bagus sekali. Kaisar juga pernah memakan kue dodol nanas tokoku. Kaisar adalah Putra Langit dimasa ini, jadi sudah seharusnya memakai nama Tian Zhi Dao. Oke, sy pakai tiga aksara ini sbg nama toko!”

Akibatnya bisnis dodol nanas ini menjadi semakin maju. Yu menjadi berang & dg liciknya melukis di dinding toko itu seekor kura2 yg menyembunyikan kepala di dlm tempurung disertai tulisan: “Tidak tahu malu”. Keesokan harinya, melihat lukisan kura2 ini, sepasang suami istri itu terdiam. Namun lalu berucap bersamaan, “Kita pakai kura2 sbg logo produk. Dodol nanas dpt menyembuhkan batuk & memperpanjang usia. Kura2 adalah hewan yg panjang usianya.” Sejak itu, logo kura2 mjd terkenal di Shanghai.

ORANG BIJAK MENGUBAH SETIAP GANGGUAN MENJADI PELUANG. Nikmati kehidupan ini dg selalu positive thinking

Semoga Kita selalu diberikan taufik dari Alloh agar selalu cerdas menyikapi warna-warna mozaik kehidupan.

Wassalam

Advertisements